Hujan

Sore tadi menjelang berbuka, saya tiba-tiba teringat cerita suami saat relawan untuk Aleppo berkunjung ke Bontang. Qadarullah suami dan beberapa rekan pengajiannya berkesempatan menemani dua relawan tersebut. Ada satu ucapan yang masih saya ingat dengan jelas dari cerita suami.

Anak-anak di Aleppo sangat gembira ketika turun hujan. Karena di saat itulah pesawat yang menghujani bom tidak akan lalu lalang di langit.

Deg!

Ketika anak-anak di sana hari demi hari bertaruh nyawa dan begitu gembira saat hujan datang, di sini beberapa orang masih saja berkeluh kesah jika turun hujan. Ya becek lah, ya banjir lah, ya macet lah, dan berbagai keluhan lain.

Bahkan hujan pun dijadikan pembenaran untuk tidak shalat berjamaah di masjid bagi laki-laki. Padahal toh bisa pakai payung, pakai jas hujan, atau malah sudah ada mobil terparkir di garasi. Kecuali memang ada alasan syar’i seperti misal dari rumahnya menuju masjid melewati jembatan di atas sungai yang sewaktu-waktu airnya bisa meluap karena hujan deras, atau sakit parah tidak bisa bangun dari tempat tidur, atau barangkali gangguan jiwa.

Alhamdulillah ‘ala kulli haal…

Hujan adalah rahmat dari Allah. Karenanya udara sekitar menjadi sejuk. Tanah di bumi menjadi basah. Persediaan air melimpah.

Sebenarnya tidak hujan pun juga rahmat dari Allah. Dengan sinar matahari yang terik, jemuran akan kering. Dengan adanya cuaca cerah, kita tidak perlu risau untuk beraktivitas di luar rumah.

Alhamdulillah ‘ala kulli haal…

Sebagai seorang muslim, sudah semestinya kita pandai bersyukur dalam segala hal. Baik itu panas, atau pun hujan. Karena takdir Allah semuanya adalah baik, yang paling baik bagi hamba-Nya. Entah kita menyukainya atau tidak.

Pengetahuan Allah itu luas, sedangkan pengetahuan kita terbatas. Allah knows everything, whereas we know nothing.

Yuk, berhenti mengeluh apabila hujan turun! Jangan membeci apalagi mengutuknya. Karena di belahan dunia sana ada yang bergembira atasnya. 🙂

—Dini Fitriani Tjarma
Bontang, hari ke-14 Ramadhan. Setelah dari pagi hujan mengguyur kota.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s