Tak Mengapa

Mungkin banyak dari teman-teman suami yang sudah bisa membeli rumah besar dan mewah untuk keluarganya. Bagiku tidak apa-apa rumah kita masih berstatus “pinjaman” dari perusahaan. Itu sudah cukup melindungiku dari panas dan hujan.

Boleh jadi kebanyakan kerabat suami memilih untuk membeli kendaraan baru untuk beraktivitas. Bagiku tidak apa-apa motor bekas itu kauhadiahkan untukku. Itu sudah cukup membuatku tak harus berjalan kaki kesana kemari.

Nampaknya sudah banyak rekan suami yang berlibur bersama istri dan anaknya ke luar negeri. Bagiku tidak apa-apa berkeliling ke tempat itu-itu saja di dalam kota. Itu sudah cukup asalkan bisa selalu berdua.

Banyak pula mereka yang di usia muda sudah memiliki jabatan tinggi dalam kariernya. Bagiku tidak apa-apa kariermu tak sepesat yang lain. Itu sudah cukup karena dirimu telah bertanggung jawab menafkahi keluarga.

Tak mengapa, sayang…

Aku tidak akan iri dengan kehidupan orang lain. Siapa pun mereka. Apakah teman, kerabat, rekan, atau bahkan keluarga besar kita sendiri.

Tak mengapa, sayang…

Karena bukan itu cita-cita pernikahan kita. Ada yang jauh lebih indah di depan sana dari sekadar gemerlap harta, tahta, dan kesenangan fana. Tolong ingatkan jika aku terlupa.

Tak mengapa, sayang…

Bukankah lebih menyenangkan untuk istiqomah hidup sederhana di saat (mungkin sesungguhnya) kita mampu bergaya hidup mewah? Kita boleh kalah dengan siapa saja dalam hal dunia. Namun kita tidak boleh kalah untuk urusan akhirat.

Yuk, sayang! Kita kayuh bersama sepeda kita menuju surga-Nya.

—Dini Fitriani Tjarma
Bontang, selepas tarawih. Terinspirasi dari obrolan dengan suami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s