Bangga dengan Ketaatan

Suatu hari saya berkunjung ke rumah seorang kawan yang sudah sangat dekat dengan keluarganya. Di tengah-tengah kunjungan, mereka menanyakan beberapa pertanyaan pada saya.

“Kerudungnya beli di mana, Din?”

“Kamu kalau cari gamis di mana sih, Din?”

“Ini kok handsock-nya lebar bolongan jempolnya?”

“Kami pelan-pelan belajar, Din.”

Cukup kaget. Tapi rasa senang lebih mendominasi karena satu keluarga kompak menuju kebaikan.

Di lain waktu teman SMA saya tiba-tiba menghubungi saya untuk menanyakan, “Din, kamu kalau beli khimar di mana?”

Ada pula saat teman di kantor bertanya, “Mbak, ini bahan kerudungnya apa? Kayaknya enak ga gampang kusut.

Dan berbagai pertanyaan lain yang menanyakan busana yang saya kenakan. Saya senang. Sangat senang bahkan. Bukan karena akhirnya merekomendasikan beli di mana pakaian tersebut, melainkan karena semakin banyak muslimah yang sadar akan perintah menutup aurat.

Di lain sisi masih ada sebagian muslimah yang enggan menutup auratnya. Atau menutupnya tetapi tidak sempurna. I won’t be a very judgemental person karena dulu saya pun demikian.

Memang akhir-akhir ini semakin banyak dijumpai muslimah yang berjilbab syar’i. Ma syaa Allah, meneduhkan sekali. Bagaimana tidak? Dengan kesederhanaan jilbab syar’i itulah muslimah semakin anggun. Tidak berlebihan dengan segala lilitan atau pun aksesoris berkilauan. Kembali lagi, saya dulu juga seperti itu. 😉

Hanya saja ada sedikit kekhawatiran dalam hati saya. Saya takut jika ini hanya “trend” yang diciptakan manusia. Bukan benar-benar memahami apa yang Allah perintahkan. Kemudian, jika esok hari jilbab syar’i tak lagi menjadi trend, apa yang akan terjadi? Duh, sakitnya tuh di sini. *nunjuk hati*

Dear sholihah…

Banggalah dengan ketaatanmu! Jilbab sesuai syari’at sama sekali tidak akan menghalangi aktivitasmu.

Saya sudah mencoba body rafting, menjelajah hutan, naik ke puncak pronojiwo kaliurang, main wahana semacam dufan, dan lain sebagainya dengan gamis longgar dan kerudung panjang. Tidak menyusahkan sedikit pun. Yang susah hanya ada dalam pikiran.

Dear sholihah…

Banggalah dengan ketaatanmu! Jilbab sesuai syari’at akan memudahkan hari-harimu.

Kita tak lagi perlu kebingungan untuk menyocokkan pakaian ini itu untuk keluar rumah. Juga tidak perlu berlama-lama di depan kaca untuk memoles wajah. Apalagi menentukan tutorial mana yang mau dipakai untuk kerudung. Karena sejatinya jilbab syar’i menutup segala kecantikan dan tak memerlukan tutorial apapun.

Dear sholihah…

Banggalah dengan ketaatanmu! Jilbab sesuai syari’at akan menuntunmu pada lingkungan yang baik.

Teman-teman baik nan sholihah lah yang akan menjadi syafa’at bagi kita nanti di akhirat. Dengan berjilbab syar’i maka diri kita akan menghindari untuk nongkrong di tempat tidak jelas, apalagi terbiasa berbaur dengan lawan jenis.

Dear sholihah…

Yuk, sama-sama saling mendoakan agar Allah memperbagus akhlak kita. Biarlah kita terlihat asing di mata mereka yang belum mengerti, tetapi kita taat dengan perintah-Nya.

Mari bangga dengan pakaian ketaatan kita!

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

(Q.S. Al Ahzab: 59)

NB: yang menulis tidak lebih baik dari yang membaca. 🙂

—Dini Fitriani Tjarma
Bontang, 28 Desember 2015. Ditulis menjelang maghrib.

Advertisements

One thought on “Bangga dengan Ketaatan

  1. Assalamu’alaikum mba pernah body rafting pakai gamis? Boleh minta tips ttg cara berpakaian & lainnya. Insya Allah awal bulan depan mau rafting. Terimakasih sebelumnya 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s