I Choose to Write

image

Originally posted at my instagram account

Saya tidak tahu kapan tepatnya saya mulai menyukai kegiatan tulis-menulis. Tiap kali saya selesai membaca tulisan seseorang yang begitu bagus (menurut saya), di situlah keinginan untuk pandai menulis muncul. Meskipun hingga detik ini saya sadar bahwa tulisan-tulisan saya jauh dari kata bagus.

Saya menulis tentang apa saja. Tentang kehidupan sehari-hari, tentang hasil pengamatan saya, pengalaman orang lain, pemikiran saya, dan lain sebagainya. Apa yang terlintas dalam benak saya, maka akan saya tuliskan. Sebagian besar tanpa pernah direncanakan.

Tidak jarang ide tulisan itu berhari-hari bahkan berminggu-minggu ada dalam kepala saya. Ketika akhirnya kata demi kata mulai diketik, di-edit, dan akhirnya publish, rasanya bagai masuk ruangan AC setelah merasa gerah seharian di luar rumah. Lega banget.

Menulis bagi saya sebuah kebutuhan. Saya butuh untuk mengekspresikan diri sendiri. Rasa senang, sedih, kecewa, penasaran, cemas, bangga, dan berbagai perasaan lain. I talk through my writing.

Menulis juga salah satu cara untuk “kabur” sejenak dari kebosanan. Dengan menulis, rasa lelah bisa berkurang bahkan hilang. Entah menulis di blog ini, atau pun media yang lain.

Dari tulisan-tulisan saya, saya belajar memahami diri sendiri dan orang lain. Saya bisa melihat perkembangan saya lewat tulisan yang terdahulu. Hal-hal yang telah saya lalui, baik manis dan juga pahit, sebisa mungkin terekam melalui tulisan.

Menulis itu menggembirakan. It’s one of the ways to relieve stress. I believe and prove it.

Jadi, jika ada yang bertanya kegiatan apa yang kamu akan rela mengerjakan dengan sepenuh hati dan kamu bahagia melakukannya, I choose to write. Undoubtedly. 📝

Dini Fitriani Tjarma
Bontang, 16 Desember 2015. Before bed time.

Leave a Reply

