Book Review: Menjadi Wanita Paling Bahagia

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Rasulullah, seluruh keluarganya, para sahabatnya, dan siapa saja yang mengikutinya.

Satu hari saya ke toko buku bersama kedua adik saya. Lamaaaaa sekali saya berdiri memandangi buku ini. Berkali-kali mendatangi rak tempat buku ini berada. Keinginan untuk membaca dan memilikinya begitu kuat. Hal itu dikarenakan penulis yang menulis buku ini tak pernah mengecewakan saya melalui karyanya. Namun akhirnya saya pulang tanpa membeli buku ini karena saat itu ada hal lain yang lebih prioritas untuk dibeli.

Masya Allah, segala puji bagi-Nya yang begitu baik. Kira-kira sebulan yang lalu, sahabat yang saya panggil uni membawakan hadiah ke rumah. Salah satunya adalah buku ini. Seolah-olah dia bisa baca hati saya dan tahu yang ada di kepala saya. Ihiiiiiiiy, jazakillah khairan katsir uni.

“Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.”

(H.R. Bukhari dalam Al Adabul Mufrod no. 594. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini hasan sebagaimana dalam Irwaul Gholil no. 1601)

Secara umum buku ini mengajak wanita untuk berbahagia dengan AGAMANYA, bergembira dengan KARUNIA ALLAH, dan bersuka cita dengan BERBAGAI ANUGERAH ALLAH yang dilimpahkan kepadanya. Penulis dengan bahasa yang santun mengajak wanita agar senantiasa bersabar menunggu turunnya kemudahan setiap mengalami kesulitan. Tiap huruf dari buku ini sungguh mampu mengusir segala bentuk kesedihan, kecemasan, dan bayang-bayang duka.

Setidaknya ada 13 bab dalam buku ini yang kesemuanya dinamai dengan nama-nama perhiasan, antara lain: emas, permata, berlian, safir, dan seterusnya. Subbab di setiap bab ditulis tidak begitu panjang, antara satu hingga tiga halaman. Hal itu membuat buku ini tidak membosankan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membaca sampai halaman akhir.

Pernahkah engkau mendengar bahwa kesedihan dapat mengembalikan sesuatu yang telah berlalu dan duka lara dapat memperbaiki sebuah kesalahan? Bila tidak, untuk apa engkau bersedih?

(Halaman 11)

Setelah membaca buku ini, siapa pun saya rasa akan semakin yakin bahwa kebahagiaan bukanlah berupa tumpukan harta. Orang yang bertakwa lah yang sesungguhnya paling bahagia. Ditambah dengan berakhlak mulia, maka akan semakin menenteramkan hati.

Di beberapa subbab juga diselipkan oleh penulis kebahagiaan sebagai seorang istri. Seperti misalnya dalam subbab Mutiara Pertama: Wanita yang Beriman Itulah Hidup yang Bahagia, penulis mengatakan, “Seorang istri harus selalu menyambut kedatangan suaminya dengan baik dan ceria. Janganlah engkau menambah kesuntukannya saat melihatnya resah dan gelisah. Sambutlah ia dengan bahagia dan layanilah apa pun permintaannya.” Sebuah pengingat bagi saya jika kelak berumah tangga. 😉

Dari buku ini pula saya semakin paham betapa mulianya wanita di dalam islam. Allah memerintahkan wanita untuk berdiam diri di dalam rumah. Sebab, di rumah itulah wanita bisa mendapatkan kebahagiaan dan bisa memelihara nilai-nilai kehormatan, kemuliaan, dan kewibawaannya. Jadi, sebaiknya tidak meninggalkan rumah tanpa ada kepentingan atau sesuatu yang mendesak.

Kalau boleh memberi perumpamaan, buku ini ibarat senyuman suka cita dan semilir asa bagi siapa saja yang mungkin merasa tertekan batinnya, tertutup awan kelabu kemurungannya, atau terlampau tinggi deritanya. Sehingga, saya tidak perlu ragu merekomendasikan buku ini untuk dibaca agar kita sebagai muslimah sama-sama berbahagia. 😀

Sebagai penutup, saya ingin mengutip salah satu bait dalam buku ini. Sangat indah.

Pandanglah kehidupan ini dengan tatapan cinta dan optimisme. Betapapun, kehidupan ini adalah anugerah dari Allah untuk manusia. Terimalah hadiah dari Yang Maha Esa ini dengan senang hati dan ceria. Sambutlah pagi hari dengan kecerahan dan senyuman indah yang ditebarkannya. Sambutlah malam hari dengan ketenangan dan ketenteraman yang dihembuskannya. Sambutlah siang hari dengan cahaya dan sinar terangnya.

image

Judul asli: As’ad al-Mar’ah fi al-‘âlam

Penulis: Dr. ‘Aidh al-Qarni

Penerbit: Qisthi Press

Tebal: xvi + 322 halaman

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s