Book Review: Serial Cinta

Sejak 2012 saya sudah berkeinginan memiliki dan membaca buku ini. Banyak orang mengutip kata-kata yang ada dalam buku ini, juga ada yang menuliskan ulang satu atau lebih tulisan dalam buku ini. Mungkin usaha saya kurang maksimal dalam mencari, sehingga tidak saya dapatkan buku ini selama tiga tahun. Akhirnya beberapa bulan lalu teman dari Surabaya berhasil dimintai tolong untuk mencarikan buku ini. 👍

Buku ini sebenarnya adalah kumpulan dari Serial Cinta yang ada di Majalah Tarbawi dan ditulis dalam kurun waktu tiga tahun. Sebanyak 73 seri tulisan ada dalam buku ini. Semuanya dijabarkan dalam tiga kerangka besar cinta, yaitu: (1) dari mana sumber energinya, (2) bagaimana proses pengelolaannya, dan (3) seperti apa hasilnya dalam berbagai obyek.

Saya dimanjakan oleh penuturan santun penulis dalam mendefinisikan cinta. Sudut pandang filosofisnya kuat, diksinya pun tak kalah memikat. Seakan-akan Serial Cinta ini menyentuh banyak dimensi. Dimulai dari cinta pada Allah, pada Rasulullah, pada pasangan, bahkan hingga menimbang kisah orang-orang yang putus cinta (naudzubillah).

Karena hakikat cinta selamanya hanya satu: memberi. Memberi semua kebaikan yang tersimpan dalam jiwa.

(Di Rumahku Ada Cinta dalam “Serial Cinta”, halaman 38-39)

Jangan sampai salah menilai buku ini hanya dari kata ‘cinta’ yang tersemai sepanjang halaman awal hingga akhir. Karena sesungguhnya penulis telah menjelaskan dengan cukup baik bagaimana kita memahami cinta sebagai karunia yang luar biasa. Tiap orang membutuhkan cinta dan cinta itulah yang membuat segalanya memiliki makna.

Saya merekomendasikan buku ini bagi siapa pun yang barangkali mulai merasa jenuh akan hidupnya. Silakan menyelami bagaimana kekuatan cinta dapat mengubah kualitas hidup menjadi lebih optimis, berani, visioner, dan terhormat.

Itu sebabnya, hati yang dipenuhi dengan cinta lebih mudah dan cepat menangkap kebenaran. Cinta tidak tumbuh dalam hati yang dipenuhi keangkuhan, angkara murka, dan dendam.

(Cermin Kebenaran dalam “Serial Cinta”, halaman 7)

image

It's finally in my hand!

Penulis: Anis Matta

Penerbit: Tarbawi Press

Tebal: x + 270 halaman

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s