Menjelang Tiga Windu

Next month on the same date, I’ll be turning 24. Years ago I was delivered genuinely by my mom to this world. Have I become a good (and pious) person?

Dalam beberapa kesempatan, saya suka sekali membaca tulisan-tulisan lama atau pun melihat foto-foto lama. Ternyata sudah banyak yang saya lalui selama ini. Banyak pula orang yang saya temui. Pun begitu banyak rasa sakit yang telah saya ciptakan bagi orang lain dan diri sendiri.

Satu paket dalam hidup saya, hal-hal menyenangkan dan menyebalkan bergantian dilewati. Kadang menjalaninya dengan penuh optimisme, tetapi tak jarang ingin semua segera terlewati begitu saja. Sungguh lucu.

Menjelang perjalanan hidup yang akan genap tiga windu, rasa-rasanya berharap agar kelapangan hati bertambah terdengar bijak.

Dengan hati yang lapang, peluang melihat segala kebaikan terbuka lebar. Memandang segala hal dari sisi baiknya. Tiada celah untuk membenci orang lain.

Dengan hati yang lapang, probabilitas berdamai dengan kesalahan masa lalu terlihat meningkat. Meski penyesalan datang belakangan, bahkan jauh setelah peristiwa terjadi, setidaknya bisa dengan mudah memaafkan diri sendiri.

Dengan hati yang lapang, prasangka baik terhadap takdir Allah terbentang luas. Mempercayakan masa depan dan segala hal ghaib esok hari pada keputusan terbaik-Nya bukan lagi hal mustahil.

Dengan hati yang lapang, mata air kebahagiaan bisa jadi seluas samudera. Sehingga jika ada setetes kesedihan, tak lantas mengurangi esensi bahagia itu sendiri.

Ya Allah, buatlah aku rela dengan segala ketetapan Mu sehingga aku tidak suka minta dipercepat apa yang Kau tunda dan tidak suka minta ditunda apa yang Kau percepat.

(Umar bin Abdul Azis)

Ya, tiada bosan saya meminta diberikan hati yang (senantiasa) lapang. Ya Mujiib, kabulkanlah… 🙂

—Dini Fitriani Tjarma
Bontang, 16 April 2015.

3 thoughts on “Menjelang Tiga Windu

Leave a Reply

