Time Reveals

Mungkin beberapa kali kita merasakan waktu berjalan amat lambat, dengan pelan, atau terlalu cepat. Sesungguhnya dia sedang berlari sangat kencang. Membawa kita ke arah yang berbeda-beda, serta warna yang banyak rupa.

Ada teman yang tadinya selalu bersama-sama, kemudian harus berpisah. Bukan karena pertikaian atau pun kebencian, melainkan perjalanan hidup yang memaksa mengambil jalur tak sama.

Ada yang masih di jalan yang sama, tetapi mungkin tidak melangkah beriringan. Perbedaan prinsip membuat langkah tak seirama. Namun sama sekali tidak menghentikan untuk saling bertegur sapa.

Ada yang terpisah jauh dan tetap saling menanyakan kabar. Persamaan idealisme serta kedekatan hati merekatkan jarak ribuan kilo. Meski jauh, tidak lupa saling mengingatkan dan mendoakan.

Ada yang sejak awal memang tak pernah dekat. Prinsip hidup selalu berbenturan dan tidak ada kesesuaian minat. Dari pada berseteru, lebih baik saling menjauh.

Ada yang tadinya begitu jauh kemudian menjadi dekat karena perubahan nilai-nilai dasar kehidupan. Perlahan idealisme, prinsip hidup, dan minat mulai sejalan. Kedekatan bertambah menjadikan semangat saling bertumbuh dan saling berbenah meningkat.

Everyone we meet has something to teach us. Selalu ada yang harus direnungkan.

Tidak masalah ada kawan yang mendekat, ada pula yang menjauh. Tak perlu menangisi mereka yang menjauh, juga tiada guna merayakan mereka yang mendekat. Hanya saja pertanyaan ini penting untuk ditemukan jawabannya: adakah yang mendekat atau yang menjauh itu dalam rangka ketakwaan?

Astaghfirullah, astaghfirullah, astaghfirullah.

Sungguh dunia ini tidak kekal. Akan musnah. Fana’. Semua hanya titipan, hanya pinjaman yang baik-buruknya akan dihisab.

Khawatirkan diri sendiri yang makin hari makin menua. Is there anything happier than exhaling our last breath in husnul khatimah way?

Waktu sedang berlari kencang. Pastikan hati tidak kering dari keyakinan akan agama yang penuh rahmat ini. Selama berlari bersama waktu, akan ada teman yang menemani. Time will reveal the real ones. 🙂

—Bontang, 6 April 2015 ; 23.10 WITA.
Warmest hug to all my close friends.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s