Mirror

image

Image source: Pinterest

Masih ada kah wanita sholihah yang tersisa di dunia ini?“, bunyi status seorang kawan tempo hari.

Saat membacanya, seandainya dia ada di depan saya, kemungkinan besar akan saya respon: Jawabannya ada di dirimu sendiri, coba kamu temukan.

Memang banyak di antara teman-teman yang belum menikah (termasuk saya wkwk) yang mengidamkan pasangan dengan kriteria seperti ini dan itu. Menurut saya hal itu tidak ada salahnya selama masih dalam koridor syari’at dan apa yang diharapkan mampu dipenuhi oleh pasangan. Hanya saja, sudahkah kita bercermin dan bertanya pada diri sendiri, “Apakah saya cukup baik untuk mendapatkan yang seperti ini dan itu?

Cobalah jujur pada diri sendiri. Ketika kita mengharapkan pasangan yang sopan dan santun, sudahkah kita berkata dan berbuat hal serupa? Ketika kita mengharapkan pasangan dengan bacaan Quran yang baik, sudahkah baik pula bacaan kita? Coba kita sama-sama ukur dan takar.

Jangan sampai harapan-harapan, mimpi-mimpi, dan segala angan akan sosok yang 100% sesuai dengan keinginan menghalangi kita untuk menikah. Jika memang kita bermimpi mendapat pasangan sempurna tanpa cela, rasanya seumur hidup takkan bisa ditemukan. Sekali lagi coba bercermin dan bertanyalah, “Pantaskah saya mendapatkan yang sempurna?” ; sementara kita mungkin………..jauh dari kata sempurna.

Jodohmu adalah cerminan dirimu.

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).”

(Q.S. An-Nuur: 26)

Mari sama-sama giat memperbaiki diri dan tiada henti berdoa. Semoga masing-masing dari kita dipertemukan dengan dia yang sholih/ah dan menenteramkan, yang akan menemani hari-hari dalam limpahan rahmat-Nya. Dia yang terbaik bagi kita, keluarga kita, dan agama kita. Allahumma aamiin. 🙂

—Dini Fitriani Tjarma
Bontang, 14 Maret 2015. Malam Minggu, mengingatkan diri sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s