Book Review: Segenggam Iman Anak Kita

Sudah sejak lama saya berkeinginan membaca buku ini, tetapi cukup sulit ditemukan. Akhirnya awal tahun ini, melalui toko buku online terpercaya, saya pun memilikinya. Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimushshalihat.

Tidak ada yang lebih berharga untuk kita wariskan kepada anak-anak kita melebihi segenggam iman yang kita harapkan dengan sepenuh kesungguhan agar tumbuh berakar menguat dalam jiwa mereka.

Penulis menuliskan kalimat tersebut dalam prolognya.

Sejak bagian pertama buku ini, saya sudah dibuat kagum. Rasanya betul-betul tidak ingin melewatkan satu huruf pun dari buku ini. Ilmunya memuaskan “dahaga” saya.

Buku ini dikelompokkan ke dalam lima bagian, yaitu: Menjadi Orang Tua untuk Anak Kita, Membekali Jiwa Anak, Menghidupkan Alquran pada Diri Anak, Sekadar Cerdas Belum Mencukupi, dan Menempa Jiwa Anak, Menyempurnakan Bekal Masa Depan.

Buku ini ditulis dengan relevansi zaman sekarang. Penulis mencoba mengajak kita untuk merenungkan anak kita hari ini (well, dalam kasus saya mungkin anak saya nanti kalau sudah berkeluarga 😂). Penulis mencoba berbagi mengenai cara mendidik anak sejak dari rumah.

Saya jatuh hati, benar-benar jatuh hati dengan buku ini! Setiap bagiannya adalah pengetahuan buat saya, hingga bagi saya semuanya penting. Gaya penulisannya pun mudah dipahami dan yang terpenting referensi ayat-ayat Alquran serta hadits senantiasa dicantumkan.

Sebelum mengajarkan tentang kebenaran, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam lebih dulu melimpahi anak-anak dengan kasih sayang dan menyediakan waktunya untuk bermain-main.

(Halaman 44)

Ibarat hotel berbintang, jika saya harus memberikan nilai pada buku ini, maka akan saya beri ⭐⭐⭐⭐⭐ Five stars!

Adalah tugas kita untuk membekali diri sebelum berbicara dan bertindak. Dengan membaca buku ini, semoga bekal pengasuhan anak semakin bertambah. Aamiin.

image

Penulis: Mohammad Fauzil Adhim
Penerbit: Pro-U Media
Tebal: 288 halaman

Leave a Reply

