Ketika Kakak Harus Kreatif

Adik bungsu saya cukup berbeda dibanding kakak-kakaknya. Well, tiap anak pasti berbeda antara satu dengan yang lain sih. Each of them is unique.

Si bungsu ini agak susah untuk diajak mengaji atau ikut shalat. Padahal saat seumuran dia, kakak di atasnya alias abang sudah mulai iqomat di masjid dekat rumah. Mengajinya pun rajin. Ada apa dengan si bungsu?

Akhirnya setelah beberapa cara yang diterapkan belum juga berhasil, saya memutuskan mencoba cara ini:

image

Papan Reward

Saya membuat ini untuk memacu ketiga adik-adik (terutama si bungsu) agar membiasakan hal-hal yang menurut saya mereka belum “lulus” dalam melaksanakan. Anak-anak butuh reinforcement positif saat melakukan kebaikan, maka saya mencoba menerapkan hal sederhana ini.

Khusus untuk krucil bungsu, ia diharapkan terbiasa mengaji, belajar shalat, tidur siang, dan tidak teriak-teriak. Setiap hari saya pantau. Kalau dilaksanakan, akan saya tempel sticker. Hal serupa juga berlaku untuk kedua kakaknya.

Seperti yang kita semua sudah ketahui, mengajarkan anak kecil sebaiknya dengan cara yang menggembirakan. Jadi, sticker ala-ala itu pun saya buat dengan menggunakan karakter favorit mereka masing-masing. Yang nomor tiga pakai ‘hello kitty’, pengais bungsu pakai ‘Ehsan’, dan si bungsu pakai ‘ultraman’.

Bismillaah, semoga ini efektif. Walaupun dimulai dengan iming-iming “reward” bagi pengumpul sticker terbanyak, ke depannya saya berharap mereka akan terbiasa meski tanpa papan ini sekali pun. Barakallahu fiikum, adik-adikku.

Seandainya gagal, kakaknya ini siap-siap memutar otak mencari kreativitas lain. Hohoho. šŸ˜Ž

—Dini Fitriani Tjarma
Bontang, 8 Maret 2015. Ditulis menjelang ashar.

4 thoughts on “Ketika Kakak Harus Kreatif

  1. Pingback: Ketika Kakak Harus Kreatif #2 | Kasten Verhaal

  2. Pingback: 10K Hits | Kasten Verhaal

Leave a Reply

