Berbahagialah!

Apa-apa yang pernah terjadi pada hidup kita adalah yang membentuk karakter kita saat ini. Cukup lucu ketika di awal usia 20an saya pernah sekali bertanya pada diri sendiri, “Kunaon ieu teh masalah satu selesai, datang deui masalah lainnya?” Ora uwis uwis kalau kata orang Jawa.

Padahal Allah tidak akan membiarkan seseorang mengatakan bahwa ia beriman sebelum ia diuji. Ini kamu ke mana aja atuh, Din waktu itu? Hehehe makanya saya bilang cukup lucu kan. 😉

Kalau nggak percaya, ini nih firman Allah:

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?”

(Q.S. Al-Ankabut [29]: 2)

Seolah-olah Allah memberitakan pada kita bahwa konsekuensi sebuah iman adalah ujian. Bukan satu ujian saja, melainkan banyak ujian. Sejak dilahirkan sampai hembusan terakhir nafas kehidupan.

Kemudian Allah melanjutkan di ayat selanjutnya:

“Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.”

(Q.S. Al-Ankabut [29]: 3)

Masya Allah, jadi saya dan kita semua tidaklah sendirian. Orang-orang sebelum kita pun juga sudah diuji. Tinggal kita memilih untuk menghadapi ujian tersebut atau malah melarikan diri.

Jika tidak ingin sejarah hidup kita ditulis oleh orang lain, maka tulislah sendiri. Atasi dengan penuh kesungguhan satu per satu ujian tersebut. Sejatinya semua adalah kebaikan bagi kita yang mengaku beriman. Diberi nikmat akan bersyukur, ditimpa musibah akan bersabar. Life is tough, so are you! 😉

Maka berbahagialah!

Di saat merasa sedih, minta pada Allah yang Maha Memudahkan. Ketika merasa lelah, minta pada Allah yang Maha Menguatkan. Bila merasa pundak teramat berat, minta pada Allah yang Maha Meringankan.

Allah Maha Tahu, bahwa kita mampu.

Maka berbahagialah!

—Dini Fitriani Tjarma
Bontang, 2 Maret 2015; 22.29 WITA.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s