Teguran untuk Diri Sendiri

Akan tiba suatu masa di mana undangan walimatul ‘ursy teman-teman datang bertubi-tubi. Teman SD, SMP, kuliah, dan teman-teman dari jaringan pertemanan mana pun. Belum lagi kalau dalam keluarga besar cukup banyak saudara yang jarak umurnya berdekatan. Tiap bulan bisa jadi ada acara terus. 😱

Dulu saat masih menjadi anak kos, ada teman yang sempat berkata seperti ini: “Wah, harus nyiapin banyak baju buat kondangan nih karena bakalan sering datang ke acara nikah.

Seperti menjadi hal yang biasa bagi seorang perempuan tiap kali akan pergi ke sebuah acara untuk memperhatikan apa yang mau dikenakan. Pakai gamis apa? Khimar atau pasminanya yang mana? Sepatu apa? Bahkan jika dirasa perlu, membeli lagi yang baru adalah sebuah keharusan.

Setelah siap, biasanya akan memandang diri di depan cermin. Takjub sama diri sendiri. Sampai-sampai lupa bertanya hal terpenting, “Apakah Allah ridho jika keluar dengan berpakaian seperti ini?

Astaghfirullah, astaghfirullah, astaghfirullah.

Perempuan memang diberikan nikmat istimewa dari Allah, yaitu wajah yang cantik dan tubuh yang menawan. Fitrah seorang perempuan pula untuk berpenampilan menarik. Namun, diberi kelebihan wajah yang rupawan adalah ujian, karena bisa menjadi sumber fitnah. Maka sudah seharusnya nikmat itu kita jaga dan sama sekali tak pantas berbangga atasnya.

Boleh jadi selama ini kita lupa, bahwa semua yang dimiliki akan dihisab kelak. Semakin banyak pakaian dan barang yang ditumpuk, penghisaban diri kita pun akan lama.

Boleh jadi selama ini kita lupa, bahwa kita teramat sibuk mempercantik fisik kita. Hingga kita abai akan kecantikan akhlak yang dibalut takwa dan ketawadhuan hati, serta rasa takut akan azab Allah.

Ini teguran untuk diri saya, karena saya pun tak sempurna.

—Dini Fitriani Tjarma
Bontang, 23 Februari 2015. Semoga kita selalu berjalan ke arah yang lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s