Book Review: Jodoh Dunia Akhirat

Awal November lalu akhirnya memutuskan untuk meminjam buku ini ke seorang teman. Sudah cukup lama mau baca, tapi urung dibeli. Hehehe emang nggak modal aja sih. 😛

Dari judulnya sudah bisa ditebak dong gambaran isinya. Tidak salah kalau sebagian besar akan menebak bahwa buku ini mengupas bagaimana cara mendapatkan jodoh setelah melihat covernya. Hanya saja bagi saya pribadi, buku ini membantu saya untuk memperbaiki diri.

Buku nonfiksi ini ditulis oleh pasangan muda yang beraktivitas sebagai trainer masalah pernikahan. Mereka biasa dikenal dengan sebutan Romantic Couple (aiiiiiih). Kebetulan teman baik saya—sang pemilik buku adalah junior si teteh penulis di kampusnya. Alhamdulillah saya “kecipratan” dikit lah ilmu dari teteh trainer hihi.

Ketika Allah memberi kita rasa sakit, Dia tahu kita mampu untuk kuat. Ketika Allah memberi kita rasa sedih, Dia menyiapkan kita untuk bahagia. Ketika Allah memberikan kita rasa marah, Dia sedang melatih kita menjadi lebih sabar. Ah, Allah, cara-Mu memang unik namun selalu menenangkan.

(Teh Fu)

Penulis mendeskripsikan tahapan dalam menjemput jodoh. Formula yang dibuat penulis adalah:
1.) Cleansing
2.) Upgrading
3.) Selecting

Saya benar-benar dibawa masuk oleh penulis untuk kembali mengenali diri saya sendiri. Siapa saya? Bagaimana kisah hidup saya? Apa yang saya inginkan? Ya, itu semua dilalui melalui tahapan cleansing, upgrading, dan selecting tadi.

Dimulai dari cleansing. Penulis mengajak untuk membersihkan diri dengan berusaha mengingatkan akan kesalahan-kesalahan kita. Jika sudah menemukan kesalahan-kesalahan tersebut, maka saatnya berdamai dengan diri sendiri.

Selanjutnya upgrading. Inti tahapan ini adalah ikhtiar untuk meningkatkan kapasitas diri. You can upgrade your knowledge, your skill, your heart, etc. Berkali-kali saya berkaca sama diri sendiri saat membaca bab ini. Dah aku mah apa atuh, hanya butiran marimas dan remah-remah rempeyek. 😥

Terakhir adalah selecting. Di sini penulis mencoba memaparkan bagaimana menentukan kriteria jodoh yang diinginkan, bagaimana mengenali karakternya, dlsb. Coba baca bab ini sambil mendengarkan audio kajian Ust.Bendri yang “Izinkan Aku Mengenalmu” deh! Rasakan sensasinya. *emang apaan sensasinya sih, Din zzz*

Kurang lebih demikian gambaran isi buku. Penulis memberikan beberapa kisah sebagai ilustrasi di beberapa halaman dan kutipan-kutipan indah. Adapun hal-hal lain juga dibahas dalam buku ini, seperti komunikasi dengan orang tua atau kisah kedua penulis sampai akhirnya menikah.

Saya merekomendasikan buku ini untuk teman-teman yang suka galau masalah jodoh. Udah nggak usah galau, baca aja buku ini! (Boleh ding galau, sama Allah aja tapinya) I mean it. Karena (menurut saya) yang membuat terkesan setelah membacanya adalah semangat untuk introspeksi diri dan giat memperbaiki diri.

Selamat membaca, selamat mencari ridho-Nya! 😉

image

Penulis: Ikhsanun Kamil dan Foezi Citra Cuaca
Penerbit: Mizania
Berat: 320 gram

Leave a Reply

