Meneladani Sifat Tidur Rasulullah

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

“Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.” (Q.S. An-Nabaa’: 9)

Setiap dari kita tentu pernah merasakan tidur. Luar biasanya, tidur itu adalah salah satu tanda kekuasaan Allah. Yang suka baca Alquran, coba deh dibuka ayat ke-23 surah Ar-Ruum.

Kebetulan saat menulis ini saya sedang mendengarkan ulang kajian Ust. Ajo Bendri mengenai ‘Waktu Berkualitas dengan Anak’ di mana salah satu waktu itu adalah waktu sebelum tidur. Ustadz Bendri menyebutkan salah satu hadits yang mengatakan bahwa tidur adalah saudaranya kematian. Maka beliau pun membiasakan pada anak-anaknya untuk melakukan dan mengucapkan hal baik sebelum tidur, seperti beristighfar dan bersyahadat.

Saya jadi teringat buku saku kecil yang saya punya. Melalui buku itu, kebiasaan tidur saya mulai berubah sejak beberapa tahun yang lalu. Dan sekarang saya mencoba membagi isi buku tersebut agar tidur kita sama-sama bermanfaat. Saling belajar ya. šŸ™‚

Berikut adalah beberapa sifat tidur Rasulullah.

1. Anjuran Qoyluulah. Qoyluulah menurut Ibnu Atsir rahimahullah adalah istirahat di pertengahan siang walaupun tidak tidur. Rasulullah pun bersabda:

“Qoyluulah-lah kalian, sesungguhnya setan tidak qoyluulah.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

2. Tidak tidur ba’da subuh dan ashar

3. Tidur di awal malam. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam sebagai teladan bagi setiap muslim tidur di awal malam dan bangun di awal sepertiga malam. Harus sering-sering menegur diri sendiri kalau saya ini mah, supaya nggak keseringan tidur di atas jam 10.

4. Menutup pintu, mematikan api dan lampu. Sebagai anak kesehatan, saat mata kuliah istirahat dan tidur di Keperawatan Dewasa 8 dulu, saya mendapat ilmu bahwa mematikan lampu saat tidur atau menggantinya dengan yang lebih redup adalah tindakan yang baik. Hal itu dapat mengaktifkan melatonin yang membuat tidur kita lebih nyenyak.

5. Menutup tempat makanan dan minuman.

6. Berwudhu. Yup yup yup! Biasakan ketika hendak tidur selalu dalam keadaan suci. Karena kita tidak tahu kapan ajal datang. Sekiranya nyawa dicabut saat tidur, setidaknya kita dalam keadaan bersuci.

“Apabila kalian hendak mendatangi tempat tidur, maka berwudhulah seperti wudhu kalian untuk shalat.”
(H.R. Al-Bukhari no.247 dan Muslim no.2710)

7. Mengebuti tempat tidur. Mohon ampun ya Allah, jujur ini saya sering lupa.

8. Shalat witir sebelum tidur. Terima kasih mama atas ajaran kebiasaan ini.

9. Tidur dengan berbaring ke sisi kanan.

10. Tidak tidur dengan telungkup (tengkurap). Kalau bahasa ilmiahnya dalam keadaan pronasi. Hehehe. Syaraful Haqq al-‘Azhim Abadi mengatakan bahwa tidur dengan posisi ini adalah bentuk tidurnya setan.

11. Membaca ayat Alquran sebelum tidur. Dianjurkan bagi setiap orang yang hendak tidur untuk membaca Ayat Kursi; surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas; dua ayat terakhir surah Al-Baqarah; surah Al-Mulk dan As-Sajdah.

12. Membaca doa sebelum tidur. Banyak doa sebelum tidur yang diajarkan Rasulullah, di antaranya:

“Bismika amuutu wa ahyaa.”
Yaa Allah, dengan menyebut Nama-Mu aku mati dan hidup.

(H.R. Bukhari, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

13. Berdoa ketika bangun tidur.

Demikian beberapa adab-adab tidur Rasulullah. Hanya beberapa yang saya salin di sini. Jika ingin mengetahui lebih lengkap, silakan dibaca “Buku Saku Sifat Tidur Nabi” karangan Abu ‘Abdillah bin Luqman Al-Atsari. Boleh juga meminjam ke saya, yang penting dikembalikan. Fufufu~

Semoga nikmat tidur yang selama ini kita rasakan tidak hanya menjadi sebuah rutinitas keseharian, tetapi membuahkan pahala karena dimulai dengan niat yang baik dan mencontoh kebiasaan Rasulullah. Aamiin.

Salam semangat untuk saudaraku semua! šŸ˜‰

—Dini Fitriani Tjarma
Ditulis menggunakan handphone dengan earphone terpasang dan mata mencontek buku kecil di samping hehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s