Coretan Akhir Tahun

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Meski senang melihat orang lain senang, nyatanya saya tidak bisa menyenangkan semua orang. Yes, we can’t please everybody. Selalu saja akan ada orang-orang yang tidak suka dengan kita, apapun alasannya. Saya, atau bahkan kita semua, tidak selalu bisa menjadi apa yang orang lain inginkan.

Dengan begitu, apa yang kemudian bisa menenangkan hati kita?

Mungkin saya telat menemukan jawaban. Ternyata berusaha menyenangkan Allah adalah solusi terbaiknya. Berusaha menjadi apa yang Allah inginkan adalah pemecahannya.

Saya tahu ini tidak mudah. Perlahan-lahan memperbaiki diri yang suka lalai, sering lupa. Setapak demi setapak mencoba tak hanya membenahi penampilan lahiriyah, tetapi juga batiniyah. Ya Rabb, saya masih butuh bimbingan.

Setiap malam saya didera ketakutan. Apakah Allah mengampuni segala kesalahan saya? Apakah Allah mengizinkan saya kembali menjadi baik esok hari? Apakah Allah memasukkan saya dalam golongan hamba yang dicintaiNya?

Diri ini masih banyak celanya.
Diri ini masih banyak khilafnya.
Diri ini masih banyak lemahnya.

Semoga Allah selalu melembutkan hati ini. Selalu. Setiap waktu.

image

Jalan pagi sambil refleksi diri

—Dini Fitriani Tjarma
Bontang, 31 Desember 2014. 22.00 WITA, yuk tidur cepat!

Leave a Reply

