Di Balik Tiap Kisah

“Din, saya malu pas baca status FB kamu.”

Beberapa waktu lalu kalimat itu mampir di messenger facebook saya. Cukup kaget karena datang dari seorang kawan yang tidak biasanya sepesimis itu. Kemudian dia meminta beberapa saran dari saya.

Di lain waktu ada teman yang minta motivasi pada saya. Ia berkata bahwa saya bisa memandang positif sesuatu. Bisa mengambil hikmah dari hal-hal yang yang saya alami.

Deg! Jujur saya sedih. Saya sama sekali tidak pantas mendapat pujian. Saya merasa tidak punya kapasitas yang cukup untuk menjawab pertanyaan mereka. Walaupun akhirnya sesederhana mungkin saya mencoba membantu mereka, membangun kembali kepercayaan diri mereka.

Kawan…

Percayalah bahwa saya pun tidak melulu sepositif itu. Saya juga pernah ada di titik terendah, sedih tanpa motivasi. Saya pun terkadang alpa bahwa saya punya prinsip stay positive all the time.

Percayalah bahwa alam semesta diciptakan Allah begitu menawan, teratur menakjubkan, seimbang keseluruhan. Akan indah jika kita serahkan segala fragmen hidup pada Allah. Tidak ada motivator terbaik selain diri kita sendiri. Mengalami, menikmati, dan mengambil pelajaran dari perjalanan hidup sendiri lebih berarti.

Percayalah bahwa saya pun seringkali terlambat menyadari hikmah di balik kejadian. Hari ini boleh jadi kita belum paham hikmah yang masih tersembunyi. Esok saat kita mengetahui, bisa jadi hanya satu atau dua hikmah dari total semuanya.

Kawan…

Pengetahuan kita akan hikmah tiap kejadian tidak ada apa-apanya dibandingkan pengetahuan Allah. Allah Maha Mengetahui, sedangkan kita tidak.

Mari saling mengingatkan bahwa apapun yang sedang dan akan terjadi pada kita, tetaplah berbaik sangka pada Sang Pencipta, Allah ‘Azza wa Jalla.

Leave a Reply

