Celotehan Krucils

Setiap di rumah ketika menghabiskan waktu dengan krucils alias ketiga adik saya yang masih cilik-cilik selalu menghadirkan kebahagiaan sendiri. Apalagi di usia mereka sekarang. Dek Asma dan Dek Ammar usia sekolah (8 dan 7 tahun), sedangkan Dek Amru usia prasekolah (3 tahun). Mereka ada dalam fase meniru dan banyak bertanya.

Ini contoh-contoh percakapan dengan krucils.

Dek Asma: Kak, kalau main bulu tangkis mukul keras ke bawah apa namanya?
Saya: Smash maksudnya?
Dek Asma: NYEMEKS!
Saya: Itu namanya nyemesh. Smash. Pukul kencang ke bawah.
Dek Asma: Bukan! Kata Dek Ammar nyemeks.
Saya: *poker face*

Ada lagi yang lainnya,

Dek Amru: *buka kulkas*
Saya: Adek cari apa? Mau apa?
Dek Amru: Aku mau apa ya?
Saya: Lah? *poker face*

Atau di lain kesempatan,

Saya: Wah, SMA 28 sekolahnya Maissy.
Dek Ammar: Kak Dini kenal?
Saya: Dulu kan kuliah di UI juga. Tapi beda jurusan.
Dek Ammar: Kak Asmaaa, Mesi yang main bola dulu kuliahnya sama kayak Kakak Dini!
Saya: *poker face*

Bahkan ada lagi percakapan menggemaskan beberapa hari lalu.

Dek Ammar: Kok Kak Dini ga menikah?
Saya: *menghela napas*
Dek Ammar: Loh kenapa?
Saya: Memangnya abang ga sedih kalau Kakak Dini nanti nikah? Kan ga tinggal di sini lagi.
Dek Ammar: Kok begitu? Tinggal aja di sini.
Saya: Kalau udah nikah ya ikut suaminya. Kalau suaminya di Jakarta ya ke Jakarta, kalau di Surabaya ya ke Surabaya.
Dek Ammar: Loh nanti ga ada lagi yang tidur di kamar cewek.
Saya: Seneng kan ga ada yang ngomelin lagi?
Dek Asma: *nyeletuk* Kan masih ada Kakak Puspa.
Saya: *poker face*

Begitulah mereka dengan segala kepolosannya. Rumah tidak pernah sepi kecuali mereka tidur atau main ke luar. Tapi memang celetukan-celetukan mereka yang membuat riang suasana. Semoga mereka punya hal-hal yang cukup memorable dengan saya, kakak pertama mereka. 🙂

—Dini Fitriani Tjarma
Bontang, 22 Desember 2014. Ditulis menjelang tidur.

Leave a Reply

