Book Review: Sabtu Bersama Bapak

Buku ini menceritakan dua saudara kandung, Satya dan Cakra. Saat usia mereka masih sangat kecil, bapak mereka harus meninggalkan mereka dan mamah mereka terlebih dahulu karena kanker. Sebelum meninggal, bapak mereka yang sejak muda terbiasa merencanakan segala sesuatu dengan matang, menyiapkan rekaman-rekaman video untuk kedua buah hatinya.

Rekaman-rekaman itulah yang kemudian menemani Satya dan Cakra tumbuh tahun demi tahun selepas bapaknya meninggal. Mereka menontonnya tiap Sabtu. Bapak mengajarkan kepada mereka banyak kebaikan dan values keluarga melalui video itu.

“Seorang anak, tidak wajib menjadi baik atau pintar hanya karena dia sulung. Nanti yang sulung benci sama takdirnya dan si bungsu tidak belajar tanggung jawab dengan cara yang sama. Semua anak wajib menjadi baik dan pintar karena memang itu yang sebaiknya semua manusia lakukan.”

(Halaman 104-105)

Tidak butuh waktu lama bagi saya melahap habis buku ini. Selain gaya bahasa penulis mengalir dengan baik, buku ini dikemas dengan unik yaitu dengan kilas balik cerita melalui rekaman-rekaman video bapak. Buku ini juga tidak terlalu tebal dan ceritanya sederhana karena dekat dengan kehidupan sehari-hari kita.

Nilai lebih dari buku ini adalah ilmu parenting yang disisipkan penulis. Bagi saya yang harus menyiapkan bekal di kehidupan rumah tangga nanti, ini merupakan modal. Eeeeaaa. Eh, tapi benar loh itu yang membuat saya jatuh hati dengan buku ini! Meskipun ada beberapa yang saya tidak sepaham, tetapi pesan-pesan yang disampaikan tidak terkesan menggurui.

Jadi, saya merekomendasikan buku ini untuk dibaca saat santai. Mungkin bagi Anda yang mulai kehilangan minat membaca, bisa dicoba membeli buku ini. 😀

image

Penulis: Adhitya Mulya
Penerbit: Gagas Media
Tebal: x + 278 halaman

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s