Pen Pals

Ini hanya saya atau kalian juga suka merasakannya? Ada beberapa orang dalam hidup kita yang belum pernah sekali pun berjumpa, tetapi seperti telah lama mengenalnya. Apalagi di era serba digital sekarang.

Memang tidak sembarang orang sih. Hanya baca sekilas infonya di website yang diragukan kebenarannya, tahu-tahu merasa paling tahu segalanya mengenai dia. Tetap saja pertemuan tatap muka tak tergantikan, mau secanggih apapun teknologinya.

Namun, itu tidak berlaku di dunia per-tumblr-an. Kebanyakan mereka di sana (menurut saya) menulis sesuatu dengan jujur. Tulus apa adanya. Bahkan tidak jarang akhirnya membuat perkumpulan di kota masing-masing. Dari situ pun menjadi tahu ternyata pemilik akun ini adalah temannya teman kita, dan lain sebagainya.

Beberapa yang saya kagumi ketulusan tulisannya pun menjadi sahabat pena saya. Ceilaaaaah. Kami belum pernah satu kali pun bertemu, tetapi sudah seperti saudara beda bapak beda ibu.

Jreeeng! Beberapa waktu lalu ada message baru di fan mail tumblr saya.

image

Kami hanya saling membaca kisah satu sama lain dalam tulisan masing-masing. Dari sanalah terjadi interaksi. Tentunya tidak sama dengan yang biasa kita alami sehari-hari. Tidak sedekat itu. Namun (mungkin) ada beberapa kesamaan yang membuat kami selalu ingin bertemu.

Tulisan-tulisan kita memang tidak bisa menggambarkan secara utuh diri kita sebagai manusia. Mereka yang membaca mungkin hanya menerka cara berpikir kita, cara pandang kita akan semesta. Selanjutnya dibutuhkan kejujuran dari kita untuk membongkar rahasia diri kita. Itulah yang hanya bisa didapatkan dari pertemuan.

Semoga kita bisa diizinkan bertemu oleh Allah ya, cantik. 🙂

Menutup tulisan ini, saya selalu berusaha mengingat perkataan salah satu sahabat Rasulullah.

“Ya Allah, jadikan aku lebih baik daripada semua yang mereka sangka dan ampuni aku atas aib-aib yang tak mereka tahu.”

(Abu Bakar r.a.)

—Dini Fitriani Tjarma
Bontang, 9 Desember 2014. Ditulis sambil ngantuk.

Leave a Reply

