Baby Blog

Wah, sudah setahun ya umurnya Kasten Verhaal. Selamat ya! Kalau dalam perkembangan anak, kamu masih bayi nih. Teruslah berkembang, Nak. 🙂

Bagi saya, menulis itu bagian dari kebahagiaan. Rasa menyenangkannya itu seperti kita bercerita atau mengungkapkan isi kepala tanpa perlu dikomentari. Sebagian manusia kadang kala begitu bukan? Ingin didengarkan saja agar lega hatinya.

Pernah ada penelitian (maaf saya lupa siapa peneliti dan tahunnya) yang mengungkapkan bahwa beberapa pasien PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) di rumah sakit diberikan terapi ‘menulis buku harian’ untuk mengembalikan kestabilan psikologisnya. Ini berarti menulis dapat mengurangi tingkat stress.

Kak Achmad Lutfi juga pernah berkata:

Nanti, suatu saat nanti, tulisan kita yang melapangkan saat dada sempit.

Kurang lebih demikian redaksinya. Ya, saya sepakat. Dengan kehadiran Kasten Verhaal dan Almari Kisah yang saya buat, saya merasakan dampaknya. Ketika saya membaca kembali tulisan-tulisan lama saya, tidak jarang saya tersenyum sendiri. Ternyata saya pernah melewati masa-masa sulit, ternyata saya bisa bertahan, ternyata saya bisa menulis seperti itu, ternyata ternyata ternyata…… Ah, betapa lapangnya~

Terima kasih pada mereka yang melalui tulisannya, semangat saya selalu terpompa. I write to express, not to impress. Semoga bisa istiqomah deh ya prinsipnya itu.

Sekali lagi, selamat satu tahun Kasten Verhaal!
03102013-03102014

Leave a Reply

