Deadline

Saat kuliah dulu, dalam seminggu akan ada beberapa tugas yang harus dikerjakan. Mulai dari Latihan Tugas Mandiri (LTM), makalah, laporan praktikum, dan tugas-tugas organisasi. Semua memiliki deadline masing-masing, sudah jelas tanggal berapa harus dikumpulkan dan paling lambat jam berapa. Sungguh detail.

Dalam mengerjakan tugas-tugas tersebut, beberapa ada yang sudah mulai menyicil sesaat sejak tugas diberikan. Bergegas mencari literatur, meminjam buku di perpustakaan, atau mengunduh jurnal-jurnal luar negeri yang menjadi langganan universitas. Yang jelas mereka tidak mau menunda-nunda apa yang bisa dikerjakan.

Sementara itu, beberapa orang lainnya baru ada yang mengerjakan sehari sebelum deadline atau bahkan beberapa jam sebelum kuliah dimulai. Semua serba tergesa-gesa. Karena diburu waktu itulah, tak jarang hasilnya pun kurang maksimal. Tipe deadliner mereka bilang.

Masing-masing berbeda dalam menyikapinya. Meskipun deadline sudah jelas kapan, tidak lantas menjadikan semua orang memanfaatkan waktu yang diberikan. Ini baru deadline tugas kuliah.

Bagaimana dengan deadline kehidupan ini?

Deadline masing-masing orang tak ada yang mengetahui. Sungguh berbanding seratus delapan puluh derajat dengan deadline kuliah. Tidak ada yang pernah tahu kapan deadline-nya akan “dipanggil kembali” oleh Sang Pencipta. Bisa jadi hari ini, esok, lusa, seminggu lagi, atau bahkan bertahun kemudian.

Tugas-tugas yang diberikan sudah sangat jelas dituliskan dalam kitab-Nya dan juga hadits Rasul-Nya. Masih maukah kita menunda seolah kita tahu bahwa deadline kita masih lama? Semoga tidak.

Mari bersama-sama saling mengingatkan untuk mengerjakan tugas-tugas itu sebaik mungkin selagi masih memiliki waktu. Bimbing kami dan jangan biarkan kami jauh dari-Mu, ya Rabb. 🙂

—Dini Fitriani Tjarma
21 September 2014, 07:41 WITA. Ditulis di atas bis menuju Balikpapan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s