Pelajaran Sabarku

Beberapa hari lalu mataku tertuju pada news feed facebook. Ada status baru yang membuatku tak kuasa menahan haru.

image

Tahukah kawan siapa yang menuliskan itu?
Dialah papaku.

Mungkin beberapa dari kalian akan keheranan membacanya. Tidak apa-apa, aku tidak memaksa kalian untuk memahami kisah hidupku. Masing-masing dari kita punya kisah tersendiri yang bisa jadi hanya kita yang pahami toh? 🙂

Namun, kali ini biarkan aku berbagi dengan kalian. Sedikit saja. Mungkin hanya sepersekian dari keseluruhan kisah panjangnya.

Sejak Mei 2005, aku dan adikku sudah tinggal berjauhan dengan papa. Kami di Kalimantan Timur, beliau di Jakarta. Bisa dibayangkan bukan kerinduan yang ditimbun bertahun-tahun karena ketidakberadaan orang yang punya hubungan darah dengan kita dalam satu atap?

Itulah mengapa saat penghujung masa SMA, tujuan kuliahku hanya satu: Universitas Indonesia. Alasannya begitu sederhana. Agar dekat dengan papa. Hanya satu dua orang teman yang tahu alasan aku hanya mengikuti tes masuk UI saat itu.

Empat tahun kulalui di ibukota. Bisa kulihat sinar bahagia tiap kali aku menengok papa. Sesibuk apapun, akan kuluangkan waktu di akhir minggu menemuinya. Bahkan hanya makan nasi goreng sebelah stasiun Senen bisa membuat kami begitu menikmatinya.

Lalu sekarang, aku harus kembali meninggalkan Jakarta. Adikku pun ditakdirkan berkuliah di Kota Apel sana. Lagi-lagi papa seorang diri. Jauh dari kami, buah hatinya.

Ah, papa……………

Begitu banyak peristiwa memilukan yang berhasil kau taklukkan. Kurasa hatimu semakin sekuat baja. Kuharap kesabaranmu selama ini digantikan Allah dengan hadiah terindah yang sudah Ia siapkan.

Terima kasih, Papa.

—Dini Fitriani Tjarma
Bontang, 17 September 2014. ditulis menjelang maghrib.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s