Tidak Salah Pilih

When you’re down and troubled. And you need a helping hand.
And nothing, nothing is going right.
Close your eyes and think of me, and soon I will be there. To brighten up even your darkest night.

(You’ve Got A Friend – McFly)

***

Saya tahu saya tidak salah pilih teman baik ketika dia rela bersama tak hanya di waktu bahagia. Saat-saat sulit pun ia tulus mendampingi. Jika diri ini terjatuh, ia mau mengulurkan tangan membantu berdiri kembali.

Saya tahu saya tidak salah pilih teman baik ketika dia tahu bagaimana menjaga nama baik kawannya. “Gue nggak suka ya semua kayak nyalahin Dindin“, ucapnya suatu ketika. Mendengarnya membuat hati bergetar tak seperti biasa.

Saya tahu saya tidak salah pilih teman baik ketika dia tahu tanpa diberi tahu terlebih dulu. Dia tahu dia tak perlu bertanya kecuali diminta suara. Dia tahu saya selalu punya alasan kuat yang melatarbelakangi segala keputusan yang dibuat.

Saya tahu saya tidak salah pilih teman baik ketika dia selalu memacu saya berjalan ke arah yang lebih baik. Dia yang menjadi pijar yang menunjukkan arah dalam lorong kebermanfaatan. Dia, sang mentari bagi sekitarnya.

Pada suatu hari nanti, jasadku tak akan ada lagi, tapi dalam bait-bait sajak ini, kau tak akan kurelakan sendiri.

(Sapardi Djoko Damono)

Saat kamu membaca ini, kamu tahu bahwa ini untukmu, Rona Cahyantari Merduaty.

rona

—Dini Fitriani Tjarma

Bontang, 16 Juni 2014. 22:44 WITA.

 

Leave a Reply

