Aku dan Buku

Kebanyakan teman-teman suka berpendapat kalau aku ini supel, mudah bergaul, dan selalu riang. Padahal sebenarnya aku tipe introvert. Aku lebih senang sendiri, ke mana-mana sendiri, lebih senang kesunyian.

Terus apa hubungannya dengan judul di atas? Hehehe.

Location: One of Book Stores in Bontang

Location: One of Book Stores in Bontang

Aku tidak bisa mengingat kapan persisnya aku mulai berkawan baik dengan buku-buku. Dulu saat kecil aku suka menghabiskan hari Sabtu dan Minggu di rumah Uwa Dju (kakak kandung papa). Selain senang karena uwa suka mengajak berenang, aku juga senang karena di rumah uwa banyak barang-barang yang aku tidak punya. Salah satunya adalah kumpulan ensiklopedi anak-anak yang uwa beli untuk kakak-kakak sepupuku. Aku ingat betul bagaimana antusiasnya diriku membaca buku-buku yang memberikan informasi mengenai: ‘Mengapa Pelangi Berwarna Merah Kuning Hijau?’, ‘Mengapa Bule Memiliki Bintik Merah Pada Wajah’, dan lain sebagainya.

Di lain waktu, kakak sepupu yang biasa kupanggil ‘mpok’ suka mengajak ke Perpustakaan Dharma Wanita PKT. Aku dibebaskan membaca beberapa saat di sana, bahkan tak jarang dibolehkan meminjam beberapa buku. Senangnyaaa bukan main. Everytime I went there, I was just wowed at the moment!!! 😯

Saat menjadi siswa SMP, aku sudah jarang bermain di rumah uwa. Jadilah aku memanfaatkan fasilitas perpustakaan sekolah. Ketika waktu istirahat tiba, aku lebih sering menghabiskan waktu di perpustakaan sendirian. Seperti yang kubilang di atas, aku orangnya introvert (mungkin kalau teman-teman dekatku baca ini banyak yang nggak percaya hehe). Perpustakaan SMPku begitu nyaman. Aku mengenal karya-karya Buya Hamka dari perpustakaan SMP. Aku belajar kosakata sunda dari perpustakaan SMP. Aku mengenal istilah ‘kloning’ pertama kali pun dari perpustakaan SMP.

Menjelang SMA, aku lebih sering meminjam buku-buku milik teman. Masuk usia remaja sih, jadi kebanyakan yang dibaca itu novel. Kadang kalau ada kesempatan, aku juga suka mampir ke perpustakaan Masjid Al-Kautsar. Saat SMA inilah aku akhirnya termotivasi untuk mulai menyisihkan uang untuk membeli buku-buku bacaan sendiri. Sumber motivasinya adalah sahabatku sendiri, Mayang Alfina Primadhani. Aku keseringan main ke rumahnya kala itu dan melihat begitu banyak koleksi buku yang dimiliki Mayang.

Ketika kuliah, aku semakin merasa cinta dengan buku-buku. Kadang aku berkunjung ke perpustakaan fakultas-fakultas untuk sekadar membaca. Aku pernah ke perpustakaan FE UI dan membaca beberapa menit buku mengenai Ilmu Ekonomi hahaha. Pernah juga ke perpustakaan FIB UI dan tertarik membaca buku filsafat. Saat Perpustakaan Pusat UI yang baru selesai dibangun, kadang aku suka jalan-jalan sendiri ke sana, duduk di bangku pojokan atau di lantai, dan membaca. Membaca apa saja.

Rak Buku Saat di Indekos

Rak Buku Saat di Indekos

Entah kenapa saat kuliah tingkat stressku terasa meningkat. Kalau sudah pulang ke indekos, gambar di atas adalah salah satu yang bisa meredakan stress. It’s truly refreshing my mind! I felt like stress of mine has been gone just by looking at that bookshelf! Sebisa mungkin sebulan sekali ada buku yang terbeli.

***

Aku punya cita-cita memiliki rumah dengan perpustakaan mini di dalamnya. Aku punya tekad agar ketika memiliki anak, aku bisa mengajak mereka sesering mungkin ke toko buku. Aku punya harapan agar minat baca anak-anak Indonesia meningkat dari masa ke masa.

Buku adalah kawan baikku. Buku adalah investasi untukku. Buku adalah sumber bahagiaku. If someone asks me why I love books that much, I’ll simply answer “BECAUSE I FIND PEACE IN READING. 🙂

Terima kasih kepada mama dan guru-guru playgroup+TK yang sudah mengajarkan membaca. Terima kasih kepada teman-teman yang memiliki hobi membaca juga. Terima kasih kepada mereka yang telah menghadiahi buku untukku.

Selamat Hari Buku Dunia 23 April

Happy World Book Day, bookworms!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s