Boleh Dicoba

Hidup itu seperti roda berputar kalau kata banyak orang. Memang sih, kadang kita di atas, kadang kita di bawah. Kadang merasa segala urusan bebas lancar seperti jalan tol, kadang pula merasa begitu banyak hambatan dalam berbagai urusan.

Ketika merasa hidup mulai sedikit “berantakan”, coba deh periksa hubungan dengan Allah. Bisa jadi ada ibadah yang tidak ikhlas kita jalankan, bisa jadi ada dzikir yang lupa kita ucapkan, bisa jadi ada kata maaf yang lupa kita ucapkan dari sebuah kesalahan, dan lain sebagainya. Barangkali karena Allah cinta, makanya Allah mau kita lebih dekat dengan-Nya.

Ketika saya sempat sakit di bulan Januari 2011, saya merasa demikian. Karena tidak sehat, segala amanah jadi sedikit berantakan. Kemudian ayah saya mengirimkan sebuah pesan yang menjadi pegangan saya hingga saat ini. Doa agar dilapangkan hati dan dimudahkan urusan:

“(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).”

(Q.S. Al-Kahfi [18] : 10)

dan

“Berkata Musa: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekauan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

(Q.S. Thaahaa [20] : 25-28)

Akhirnya setelah itu saya mulai membiasakan membaca ayat-ayat tersebut seusai shalat. Tentu saja tidak serta merta segala urusan menjadi lancar, tetapi setidaknya kita tidak pernah berhenti menengadahkan tangan dan berdoa minta diberikan kelancaran. Allah tidak akan bosan mendengarnya. Selain itu minimal hati pun menjadi lebih tenang sebelum melanjutkan kegiatan.

Teman-teman boleh mengikuti cara ini. Sebenarnya ayat-ayat ini sudah sangat familiar di telinga kita (coba deh buka Alquran dan baca versi bahasa arabnya). Semoga hati kita selalu dilapangkan dan senantiasa diberi kemudahan dalam tiap urusan. Aamiin. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s