Book Review: Curhat Sama Nabi

Saya membeli buku ini pada tanggal 7 Januari 2014. Buku ini secara keseluruhan berisi mengenai hadits-hadits tentang berbagai persoalan yang berkaitan erat dengan pergaulan kita. Di awal penulis membuka dengan pujian bagi Allah yang telah mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam dan mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya (Q.S. Al-‘Alaq [96]: 4-5).

Buku ini sebenarnya ditujukan secara khusus bagi para remaja. Kenapa remaja? Karena menurut penulis sendiri masa remaja merupakan masa keraguan religius. Perkembangan kognitif remaja pun beralih dari cara berpikir konkret ke arah berpikir proporsional, sehingga remaja menjadi kritis dalam hal apa pun, termasuk agama yang diyakininya. Remaja ingin semua bisa dilogika, bisa dijelaskan dengan gamblang.

Buku ini terdiri dari tiga bab, antara lain:

  1. Belajar Hadits, Yuk!
  2. Resep Jadi Remaja yang Gaul dari Nabi
  3. Hadits-Hadits tentang Akhlak

Masing-masing bab menghadirkan beberapa sub-bab yang sering menjadi bahan diskusi atau perbincangan. Seperti contohnya ‘Jangan Remehkan Niat, Ya!’ di halaman 154 dan ‘Makan dan Minum ala Nabi’ di halaman 213.

Meskipun secara khusus buku ini ditujukan bagi remaja, tidak menutup kemungkinan untuk dibaca usia dewasa. Penyampaian penulis terkesan tidak menggurui dan bahasa penyampaiannya pun ringan seperti dialog sehari-hari. Penulis berusaha menyampaikan bahwa belajar hadits tidak sesulit yang dibayangkan (walaupun bagi saya sampai detik ini tetap sedikit sulit, duh).

“Semoga Allah menyinari (wajah) seseorang yang mendengar hadits dari kami, lalu menghafalnya dan menyampaikannya kepada orang lain… .”

(H.R. Tirmidzi)

Saya sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca. Selain bisa mendapatkan kesempatan untuk didoakan sama Rasulullah agar wajahnya bisa berseri-seri, kita pun bisa memahami Alquran dengan lebih sempurna.
image

Penulis: Abdul Kholiq

Penerbit: Bunyan (PT Bentang Pustaka)

Tebal: xiv+246 halaman

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s