Karena Kita Tidak Tahu #16

Manusia di atas bumi ini tak terhingga jumlahnya jika dihitung sejak adanya Nabi Adam hingga manusia akhir zaman kelak. Ada berbagai macam kepala dengan berbagai macam pula isi pikirannya. Antara satu orang dengan yang lain tentunya akan ada perbedaan. Sudah fitrah-Nya manusia diciptakan dengan banyak perbedaan.

Ada perkumpulan orang-orang yang suka membaca. Satu kesamaan itu yang membuat mereka merasa memiliki kecocokan satu sama lain. Hanya saja ini tak lantas membuat mereka dengan bebas memiliki pemikiran bahwa yang suka membaca sudahlah tentu lebih baik dari yang tidak suka membaca.

Di lain sisi mereka yang lebih senang beraktivitas sosial menganggap yang suka membaca adalah mereka yang ‘kurang pergaulan’ atau kuper. Kumpul-kumpul, minum kopi, menambah relasi, jauh lebih baik dibanding menyendiri membaca tanpa henti.

Yang satu merasa lebih baik dari yang lain. Yang satu memandang rendah yang lain.

Sederhananya begini saja…

Bagaimana jika mereka saling bertemu? Saling berbicara? Hingga mereka akhirnya mengerti bahwa tidak ada satu pun manusia yang sama dengan yang lain. Bahwa manusia adalah individu unik secara menyeluruh (biologis, psikologis, sosial, dan spiritual).

Perbedaan itu ada agar kita bisa saling mengenal dan memahami. Bukankah indah jika bisa melihat dari sudut pandang berbeda? Lalu setelahnya kita bisa bekerja sama menjadi pribadi yang lebih baik, bukan di mata manusia, melainkan di mata Tuhan yang telah menciptakan.

Semoga kita semua termasuk dalam orang yang beruntung, yang hari esok lebih baik dari hari ini. Sekali lagi, kita tidak tahu atas apa-apa yang sedang, telah, dan akan dilakukan orang lain. Sungguh, mata kita, mata seorang manusia, sangatlah kecil untuk menilai seseorang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s