Manusia

Tulisan ini dibuat oleh Kak Achmad Lutfi.

***

Kita, siapapun kita, sangat mungkin salah dan terlupa. Siapapun kita sangat mungkin menyakiti orang lain. Meskipun itu dengan alasan yang dapat diterima.

Kita, sekeras-kerasnya berusaha menjadi orang baik, segigih-gigihnya berjuang untuk jadi lebih baik, tetap saja bisa melakukan keburukan-keburukan kecil, yang dalam keadaan tertentu kita teramat sadar bahwa itu tak baik. Dalam keadaan tertentu kita paham, bahwa kita tak pernah ingin melakukannya. Hanya saja tanpa sengaja, kita telah benar-benar melakukannya.

Mungkin pula tanpa sadar, ada sahabat baik yang pernah tersakiti hatinya oleh lisan kita yang begitu ringan. Namun ia tak bicara sebab tak sampai hati menyebutkan kesalahan itu. Barangkali tanpa sengaja, ada tingkah laku kita yang betul-betul tak dapat diterima, tapi kita tak tahu, kita tak merasa, hanya karena selama ini kita tahu yang baik itu seperti apa.

Maka dari itu, terimalah kesalahan-kesalahan yang sangat mungkin kita lakukan. Terimalah dengan lapang dada dan kesadaran yang sempurna bahwa kita telah melakukan kekeliruan. Terimalah, sebab kita manusia.

Perbaiki semampu kita, sesanggup kita, dan upayakan pula dengan meminta maaf yang sungguh. Dengan sebenar-benarnya kesadaran, bahwa kita hanya manusia.

Achmad Lutfi
Wolfsburg, 23.12.2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s