Karena Kita Tidak Tahu #15

Sumber pelajaran bisa dari mana saja, dari siapa saja. Bahkan dari perkataan seseorang sekali pun.

“Udah besar kok nggak bisa makan pedas? Kalah sama yang kecil.”

Jleb! Itu yang pertama saya rasakan ketika ada yang berkata seperti itu. Oke, tenang, Din! Mungkin orang yang berkata itu tidak tahu kalau kamu punya gastritis kronis yang sudah kamu derita sejak SMP, sehingga makanan pedas atau asam akan memicu asam lambungmu naik dengan sangat cepat, membuat nyeri ulu hati yang bisa jadi belum pernah dia rasakan.

Dari situ saya belajar, bahwa kita tidak bisa membuat orang lain menjadi bisa segalanya. Bisa apa yang kita bisa. Everyone has their own strengths and weaknesses. Apa yang orang lain tidak bisa, pasti ada faktor yang mendasarinya. Begitu pula sebaliknya.

Syukurnya itu diucapkan pada saya. Bagaimana kalau ke anak-anak? Coba bayangkan anak umur 3 tahun diajarkan menulis huruf “K” dan sang anak tidak bisa. Kemudian kita berkata, “Kok gitu aja ga bisa sih?”

Mudah saja bagi kita yang dewasa mungkin menulis huruf tersebut, tetapi bisa jadi hal yang tidak biasa bagi anak usia 3 tahun. Mereka punya tahap perkembangan motorik sendiri. Jadi, saya berkata dalam diri sendiri untuk mulai mengurangi ucapan “Gitu aja ga bisa!”. Semoga bisa sampai pada tahap menghetikannya.

***

Orang lain tidak perlu menjadi seperti kita. Kita juga tidak diharuskan menjadi lebih baik dari orang lain. Yang paling bijaksana adalah diri kita lebih baik dari diri kita yang kemarin. Stop judging, stop assuming! Simply karena kita tidak tahu segala hal di muka bumi ini. Keep learning!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s